Cara Mengatasi Kode Error J3 Pada AC Merk Daikin

in #storylast year

Hello teman-teman Hive..... Apa kabarnya? Saya harap keadaan teman-teman selalu baik, sehat dan berlimpah. Aamiin.

Saya sudah mulai masuk kerja lagi setelah kemarin off libur selama 3 hari. Seperti biasa pagi-pagi sekali saya sudah bangun dari tidur dan bersiap siap untuk berangkat kerja meskipun masih edisi suasana lebaran. Pagi-pagi saya sudah sampai di tempat kerja dengan rutinitas aktivitas kerja setiap pagi di kantor yakni memastikan semua kondisi perangkat beroperasi dengan baik dan normal.

Sayangnya pagi ini kami mendapatkan temuan kurang enak. Di ruang server yang di wajibkan harus sangat dingin, kami mendapatkan ada AC pendingin ruangan yang error. Kami harus secepatnya mengatasi masalah tersebut karena kondisi ruangan akan panas jika kami terlambat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada AC tersebut.



Temuan AC yang error di ruang server pagi ini


Setelah saya analisa dari jenis kode errornya yakni kode J3 yang terlihat pada layar AC indoor daikin model standing, kode error itu memberitahukan bahwa adanya kerusakan pada Thermistor Discharge yang posisi nya terdapat pada outdoor AC tersebut, kami segera menindaklanjuti jenis kerusakan tersebut. Kami harus melepas thermistor yang bermasalah tersebut dan mengganti nya dengan yang masih berfungsi.



Kami sedang mengganti Thermistor Discharge pada unit outdoor AC


Di karenakan kami tidak punya stok thermistor discharge tersebut, sedangkan kondisi AC harus segera on beroperasi agar ruangan server bisa secepatnya dingin kembali, kami terpaksa mencari unit outdoor AC yang sudah rusak tidak terpakai, untuk mengambil hanya thermistor discharge nya saja. Alhamdulillah kami mendapat kan nya dan segera kami pasang di AC yang error tersebut. Memang di AC yang error tersebut, thermistor discharge nya sudah terbakar di kabelnya dan setelah kami ganti dengan thermistor discharge yang masih baik kondisi nya, AC akhirnya normal hidup kembali dan sangat dingin.



Kondisi AC setelah kami ganti thermistor discharge sudah normal kembali


Selanjutnya kami segera laporkan temuan kami dan tindakan yang telah kami lakukan agar AC bisa beroperasi dengan normal kembali ke atasan kami, agar kedepannya bisa di belikan thermistor discharge yang baru untuk stok jika sewaktu-waktu AC terjadi masalah lagi di thermistor discharge nya.

Tidak lupa kami juga wajib mengecek kondisi tekanan freon dan beban Ampere AC tersebut sebagai bahan referensi wajib untuk laporan kami dan untuk memastikan kondisi AC masih baik.



Kami sedang mengukur tekanan freon dan ampere pada unit outdoor AC


Dari hasil pengukuran dan pengamatan kami, kondisi tekanan freon dan ampere masih dalam batas wajar normal dan AC bisa beroperasi dengan normal dan dingin. Tidak perlu kami tambah freonnya. Jenis freon AC daikin ini adalah R22, masih jenis AC produksi lama yang bisa merusak lapisan ozon.


Itu saja kisah pengalaman kami jika menghadapi kode error J3 pada AC daikin standing. Terima kasih atas supportnya. Semoga bermanfaat.


PictureSmartphone
ModelInfinix HOT 12i
Original Picture@parung76
LocationIndonesia
Theme

Thank You

Best Regard,

@parung76


Sort:  

Congratulations @parung76! You received a personal badge!

Happy Hive Birthday! You are on the Hive blockchain for 3 years!

You can view your badges on your board and compare yourself to others in the Ranking

Check out our last posts:

The Hive Gamification Proposal

Congratulations @parung76! You have completed the following achievement on the Hive blockchain And have been rewarded with New badge(s)

You received more than 100 HP as payout for your posts, comments and curation.
Your next payout target is 250 HP.
The unit is Hive Power equivalent because post and comment rewards can be split into HP and HBD

You can view your badges on your board and compare yourself to others in the Ranking
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Check out our last posts:

Our Hive Power Delegations to the April PUM Winners
Feedback from the May Hive Power Up Day
The Hive Gamification Proposal